Pengaruh Pemberian Makanan Tambahan Modifikasi Terhadap Status Gizi Balita

Iskandar Iskandar* -  Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh, Jl. Sukarno Hatta. Lampeunerut. Aceh Besar, Indonesia

Penanggulangan balita gizi kurang dilakukan dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Untuk balita gizi buruk harus mendapatkan perawatan susuai Tatalaksana Balita Gizi Buruk. PMT diberikan selain formula WHO, juga bisa formula modifikasi berupa formula yang padat energi dan protein dan dari bahan yang mudah diperoleh di masyarakat dengan harga terjangkau. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh PMT formula Modifikasi terhadap Status Gizi balita. Desain penelitain quasi eksperimen, one group pre and posttest design. subjek sebanyak 29 balita gizi kurang, PMT modifikasi diberikan selama 4 minggu, uji statistiknya Repeated Measured Anova. Hasil diperoleh bahwa balita yang sebelumnya balita yang mengalami gizi buruk sebanyak 7 orang setelah diberikan makanan tambahan menjadi 3 orang, gizi kurang dari 22 orang menjadi 20 orang dan balita yang sebelumnya tidak berstatus gizi baik setelah diberikan makanan tambahan menjadi 6 orang dengan status gizi baik. Kesimpulan, pemberian makananan tambahan dalam bentuk modifikasi sangat signfikan terhadap peningkatan status gizi balita yang lebih baik

Kata kunci: Balita, makanan tambahan, status gizi
  1. Depkes RI. Petunjuk Teknis Tatalaksana Anak Gizi Buruk Buku II. 2005.
  2. Balitbangkes. Laporan Riskesdas 2013. Jakarta; 2013.
  3. Puskesmas Darul Imarah. Hasil Survei Pemantauan Status Gizi Balita. Aceh Besar; 2016.
  4. Khomsan A. Pangan dan gizi untuk kesehatan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. 2003.
  5. Depkes RI. Petunjuk Teknis Tatalaksana Anak Gizi Buruk Buku II. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011.
  6. Noer ER, Rustanti N, Leiyla E. Karakteristik makanan pendamping ASI balita yang disubstitusi dengan tepung ikan lele dan labu kuning. JURNAL GIZI INDONESIA. 2014;2(2):82-88.
  7. Prabasini H, Ishartani D, Muhammad DRA. Kajian sifat kimia dan fisik tepung labu kuning (cucurbita moschata) dengan perlakuan blanching dan perendaman dalam natrium metabisulfit (Na2S2O5). Jurnal Teknosains Pangan. 2013;2(2).
  8. Retnowati DH, Syamsianah A, Handarsari E. Pengaruh pemberian makanan tambahan pemulihan terhadap perubahan berat badan balita bawah garis merah kecacingan di wilayah Puskesmas Klambu Kabupaten Grobogan. Jurnal Gizi. 2015;4(1).
  9. Rikantasari S. Perilaku Pemberian Makanan Terhadap Batita Di Pemukiman Tanah Kalikedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya. 2012.
  10. Nahak MD, Sulistyowati Y. Pengaruh Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Terhadap Perubahan Berat Badan Anak Gizi Buruk, Usia 6–60 Bulan Di Therapeutic Feeding Center (TFC), Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. Medika Respati. 2013;8(1).
  11. Setyobudi SI, Pudjirahayu A, Bakri B. Pengaruh PMT-Pemulihan dengan Formula WHO/Modifikasi terhadap Status Gizi Anak Balita KEP di Kota Malang. Jurnal Media Gizi dan Keluarga. 2005.
  12. Tarigan IU. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi anak umur 6-36 bulan sebelum dan saat krisis ekonomi di Jawa Tengah. Buletin Penelitian Kesehatan. 2003;31(1 Mar).
  13. AL Rahmad AH, Miko A, Hadi A. Kajian Stunting Pada Anak Balita Ditinjau Dari Pemberian ASI Eksklusif , MP-ASI, Status Imunisasi Dan Karakteristik Keluarga Di Kota Banda Aceh. Jurnal Kesehatan Ilmiah Nasuwakes Poltekkes Aceh. 2013;6(2):169-184.

Open Access Copyright (c) 2017 Iskandar Iskandar
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AcTion: Aceh Nutrition Journal
Published by: Department of Nutrition at the Health Polytechnic of Aceh, Ministry of Health.
Soekarno-Hatta Street, No. 168. Health Polytechnic of Aceh, Aceh Besar, 23352. Telp/Fax: 0651 46126 / 0651 46121.
Website: https://gizipoltekkesaceh.ac.id/
E-mail: [email protected]

e-issn: 2548-5741, p-issn: 2527-3310

All content is licensed under a: Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License

View My Stats

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here