Persepsi E-Learning Berbasis Web pada Program Studi Keperawatan Banda Aceh Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh
The Nursing Institution of Aceh Polytechnic is the most demanded and has the highest number of students every year and supported by 4 Prodi located in several strategic locations within Aceh Province. Required a development effort in the form of learning media design through e-Learning with the object of study that emphasizes on nursing materials and supporting courses because it can give more time and opportunity for students to be able to discuss. The aim of this research is to know the efficacy of teaching and learning activities through the application of e-Learning application. The system was developed at D-IV Nursing Study Program at Banda Aceh for 6 months starting from June to November 2016 is web-based and uses Moodle as its learning software called Internet Enabled Learning. The results of this study show that this system can improve the quality of subject learning in D-IV Nursing Study Program of Banda Aceh so that it can be used as a means to support teaching and learning process and not only implement teaching materials, but also create a mature learning scenario to invite active student involvement And constructive in their learning process. The design model is expected to be developed more widely to be applied of Health Polytechnic at Ministry of Health in Aceh
Key words: Web-based, e-learning, perception
Institusi Keperawatan Poltekkes Kemenkes Aceh merupakan salah satu Jurusan yang paling banyak peminatnya dan memiliki jumlah mahasiswa terbanyak setiap tahunnya serta didukung 4 Prodi yang berada di beberapa lokasi strategis dalam wilayah Provinsi Aceh. Diperlukan suatu upaya pengembangan berupa perancangan media pembelajaran melalui e-Learning dengan objek kajian yang menitik-beratkan pada materi keperawatan dan mata kuliah pendukung karena dapat memberi lebih banyak waktu dan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa berdiskusi. Penelitian bersifat research and design ini bertujuan untuk mengetahui efikasi kegiatan belajar mengajar melalui penerapan aplikasi e-Learning. Sistem yang dikembangkan pada Prodi D-IV Keperawatan Banda Aceh selama 6 bulan mulai bulan Juni s.d November 2016 adalah berbasis web dan menggunakan Moodle sebagai software pembelajarannya yang disebut Internet Enabled Learning. Hasil studi menunjukkan bahwa sistem ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah pada Prodi D-IV Keperawatan Banda Aceh sehingga dapat digunakan sebagai sarana yang menunjang proses belajar mengajar serta tidak hanya mengimplementasikan materi ajar, tetapi juga menciptakan skenario pembelajaran dengan matang untuk mengundang keterlibatan mahasiswa secara aktif dan konstruktif dalam proses belajar mereka. Model perancangan diharapkan dapat dikembangkan secara lebih luas untuk diaplikasikan pada jajaran Poltekkes Kemenkes Aceh.
Kata Kunci : Berbasis web, e-learning, persepsi
- Utomo J. Dampak Internet Terhadap Pendidikan: Transformasi atau Evolusi. In: Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Vol 7. ; 2001.
- Soekarwati. Prinsip Dasar E-Learning: Teori Dan Aplikasinya Di Indonesia. Teknodik. 2003;VII.
- Djamarah SB, Zain A. Strategi belajar mengajar. 2006.
- Syah M, Wardan AS, Rakhmat MF, Muchlis. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Baru. Penerbit PT Remaja Rosdakarya; 1997.
- Hamalik O. Media Pendidikan. Alumni; 1980.
- Umar H. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. 2008.
- Purbo OW, Hartanto AA. Teknologi e-learning berbasis PHP dan MySQL. Elex Media Komputindo. 2002.
- Lewis DE. A Departure from Training by the Book, More Companies Seeing Benefits of E-Learning. The Boston Globe, Globe Staff. 2002;5(26):2.
- Rusman DK, Riyana C. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Rajawali Pers. 2011.
- Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Alfabeta; 2008.
- Bullen M. e-Learning and the Internationalization Education. Malaysian Journal of Educational Technology. 2001;1(1):37-46.
- Beam P. Breaking the sprinter’s Wrist: Acheiving Cost-Effectiveness in Online Learning. In: The International Symposium on Distance Education and Open Learning. Jakarta, Indonesia: MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP and Unesco; 1997.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.