Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Supervisi Ketua Jurusan terhadap Kinerja Dosen pada Politeknik Kesehatan Aceh

Herry Imran* -  Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh, Indonesia
Niakurniawati Niakurniawati -  Jurusan Keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Aceh, Indonesia

Delegative leadership is a leadership style undertaken by the leadership to subordinates who have the ability, in order to run its activities that for a time can not be done by the leadership for various reasons. The purpose of this research is to know the influence of leadership style and supervision of Head of Department toward lecturer performance. The research method is descriptive analytic. The study population of all heads of departments and lecturers amounted to 88 people. Data collection techniques using questionnaires. The result of the research shows the positive and significant influence between leadership style of Head of Department toward lecturer performance (p= 0,001), the leadership style of its delegation leadership style has reached a good level where ability and willingness of subordinate have high. Its supervision there is no influence to lecturer's performance (p= 0,292). It gives meaning together with lecturer's performance can be predicted by both independent variables. In conclusion, the leadership style it has a positive effect on the performance, in contrast, the supervision of the department chief does not show the effect on the improvement of the lecturer's performance at the Health Polytechnic of Aceh. Advice, to improve the performance of lecturers then the leader should adopt a leadership style in a delegation manner.

Keywords:      Leadership style, supervision, head of the department, lecturer performance


Kepemimpinan delegatif merupakan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh pimpinan kepada bawahannya yang memiliki kemampuan, agar dapat menjalankan kegiatannya yang untuk sementara waktu tidak dapat dilakukan oleh pimpinan dengan berbagai sebab. Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan supervisi ketua jurusan terhadap kinerja dosen. Metode penelitian adalah deskriftif analitik. Populasi penelitian semua ketua jurusan dan dosen yang berjumlah 88 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh positif dan  signifikan antara gaya kepemimpinan ketua jurusan terhadap kinerja dosen (p= 0,001), gaya kepemimpinan ketua jurusan yaitu gaya kepemimpinan delegatif sudah mencapai tingkatan yang bagus dimana kemampuan dan kemauan bawahan telah tinggi.  Supervisi ketua tidak menunjukan pengaruh terhadap kinerja dosen (p= 0,292). Hal ini memberi makna secara bersama-sama dengan kinerja dosen dapat diprediksi oleh kedua variabel bebas tersebut. Kesimpulan, gaya kepemimpinan Ketua berpengaruh positif terhadap kinerja, sebaliknya supervise ketua jurusan tidak menunjukan pengaruh terhadap peningkatan kinerja dosen di Politeknik Kesehatan Aceh. Saran, untuk meningkatkan kinerja dosen maka pemimpin harus menganut gaya kepemimpinan secara delegatif.

Kata kunci:   Gaya kepemimpinan, supervisi, Ketua Jurusan, kinerja dosen

  1. Sujarwo MP. Urgensi Pendidikan Transformatif dalam Perubahan Masyarakat. Pendidikan untuk Perubahan Masyarakat Bermartabat. 2014:102.
  2. Taufiq M. Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dalam Profesi Akuntan dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan. 2002.
  3. Peraturan Pemerintah RI. Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Direktorat Jendral Pendidik Tinggi Dep Pendidik dan Kebud.
  4. Ali M. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia Yang Mandiri Dan Berdaya Saing Tinggi. Grasindo; 2009.
  5. Fattah N. Ekonomi dan pembiayaan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2000;78:1.
  6. Cahyono A. Analisa Pengaruh Kepemimpinan, motivasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja Dosen dan Karyawan di Universitas Pawyatan Daha Kediri. J Ilmu Manaj Revital. 2012;1(1):283-298.
  7. Suti M. Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. J Medtek. 2011;3.
  8. Mulyasa E. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi (School-Based Management: Concept, Strategy, and Implementation). 2002.
  9. Safaria T. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2007.
  10. Umiarso, Gojali I. Manajemen Mutu Sekolah Di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: CV. Andi Offset; 2010.
  11. Ramatni A. Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Supervisi Klinis dengan Kinerja Guru SMU Negeri di Kota Jambi. J Penelit Univ Jambi Seri Hum. 2013;15(1).
  12. Soeprihanto J. Penilaian Kinerja dan Pengembangan Karyawan. BPFE Yogyakarta. 2001.
  13. Baihaqi MF, Suharnomo S. Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia area Yogyakarta). 2010.

Open Access Copyright (c) 2017 Herry Imran, Niakurniawati Niakurniawati
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

AcTion: Aceh Nutrition Journal
Published by: Department of Nutrition at the Health Polytechnic of Aceh, Ministry of Health.
Soekarno-Hatta Street, No. 168. Health Polytechnic of Aceh, Aceh Besar, 23352. Telp/Fax: 0651 46126 / 0651 46121.
Website: https://gizipoltekkesaceh.ac.id/
E-mail: [email protected]

e-issn: 2548-5741, p-issn: 2527-3310

All content is licensed under a: Creative Commons Attribution ShareAlike 4.0 International License

View My Stats

Get a feed by atom here, RRS2 here and OAI Links here