Upaya peningkatan kesehatan gigi melalui penerapan konsep quality home care pada anak disabilitas di SDLB Kota Banda Aceh

Mufizarni Mufizarni, Eka Sri Rahayu, Reca Reca, Teuku Salfiyadi, Cut Aja Nuraskin, Ainun Mardhiah, Nurhaida Nurhaida

Abstract

Anak berkebutuhan khusus, termasuk para penderita “down syndrome” umumnya bermasalah pada pertumbuhan dan kesehatan giginya, yang paling sering ditemukan adalah gigi berlubang, susunan gigi tidak teratur, serta penyakit jaringan gusi kelainan ini diperparah dengan kesulitan anak memelihara kesehatan gigi dan mulut secara mandiri. Mengingat risiko yang terjadi pada karies berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak dan didukung dengan ketidaktahuan orang tua tentang kesehatan gigi, maka cara pencegahan yang lebih awal penting untuk dilakukan yaitu melalui pemahaman dan peran serta orang tua. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode deskriptif, dengan sasaran anak dan ibunya sebagai responden. Analisis data menggunakan analisis univariat. Intervensi yang diberikan berupa edukasi tentang pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut kepada ibu, simulasi dan demonstrasi tentang bagaimacara menyikat gigi yang baik dan benar, penerapan konsep quality home care kepada orang tua mengenai cara pendampingan, pemantauan dan pemberian perawatan gigi dan mulut yang dapat dilakukan di dalam rumah sebagai upaya preventif. Hasil pengabdian masyarakat yaitu ada perubahan peningkatan pengetahuan orang tua atau keluarga mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi anak disabilitas dan adanya perubahan ke arah yang lebih baik status kebersihan gigi dan mulut  anak. Direkomendasikan kepada pihak sekolah sebaiknya pertahankan hubungan dengan orang tua dan lakukan monitoring serta evaluasi rutin terhadap kemajuan perawatan gigi anak

Keywords

Konsep Quality, Home Care, Disabilitas

Full Text:

PDF

References

Jabber. Dental caries experience, oral health status and treatment needs of dental patients with autism. JAPPL Oral SCI. 2011;19 (3) 212.

Oredugba F.A, Akindayomi Y. Oral Health Status and Treatment Needs of Children and Young Adults Attending a Day Centre for Individuals with Special Health Care Needs.; 2008.

Houwink B et al. Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. (Suryo S, ed.). UGM; 1993.

Adyatmaka I. Universitas Indonesia Model Simulator Risiko Karies Gigi. Published online 2008:174.

Suwelo I. Karies Gigi Pada Anak Dengan Pelbagai Etiologi (Kajian Pada Anak Usia Prasekolah).; 1992.

Hidayat R. TA. Kesehatan Gigi Dan Mulut. 1 Ed. CV Andi Offset (Penerbit ANDI; 2016.

Naidoo M. The Oral Health Status Of Children With Autism Spectrum Disorder In Kwazulu-Nata South Africa. BMC Oral Health. 2018;18 : 165.

Rahayu E. S LS. Peran Orang Tua, Guru Dan Tenaga Kesehatan Dalam Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Disabilitas DI SDLB KOTA BANDA ACEH. Published online 2019.

Yadav K. Primary Health Center Approach for Oral Health Related Knowledge, Attitude and Practice among Primary Health Care Workers of Western India. J Dent Heal Oral Disord Ther. 2016;5(3):5-8. doi:10.15406/jdhodt.2016.05.00150

Mohamed-Rohani M, Baharozaman N-F, Khalid N-S, Ab-Murat N. Autism Spectrum Disorder: Patients’ Oral Health Behaviors and Barriers in Oral Care from Parents’ Perspectives. Ann Dent. Published online 2018:43-52.

Mansoor D, Al Halabi M, Khamis AH, Kowash M. Oral health challenges facing Dubai children with Autism Spectrum Disorder at home and in accessing oral health care. Eur J Paediatr Dent. 2018;19(2):127-133.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.