Pendampingan optimalisasi pembelajaran membaca Al-Qur’an pada anak usia dini sesuai disiplin ilmu tajwid pada Taman Pendidikan Ar-Roudhah, Al-Hidayah, dan Al-Iman di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo

Umi Isnatin, Achmad Reza Hutama Al Faruqy, Ussia A’lat Taqwa, Wahyu Septrianto, Ahmad Fahrul Amiq, Ridwan Cheyeng, Abdul Rozak Fahruddin, Yogi Banar Sasongko, Jaudat Iqbal Harris

Abstract

Taman Pendidikan Ar-Roudhah, Al-Hidayah, dan Al-Iman merupakan beberapa lembaga pendidikan Al-quran untuk anak-anak usia dini yang berada di Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo dan dijadikan sebagai tempat kegiatan belajar mengaji bagi mereka yang ingin bisa membaca Al-Quran. Namun, terdapat beberapa masalah yang menjadi persoalan dalam hal membaca al -quran yaitu masih kurangnya menerapkan ilmu tajwid yang sesuai kaidahnya. Anak – anak yang mengaji hanya menerapkan pelafalan huruh hijaiyah tanpa menerapkan ilmu tajwid yang benar. Tujuan dari kegiatan pendampingan ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada anak–anak yang mengaji agar bacaannya sudah sesuai dengan ilmu tajwid. Metode yang digunakan dalam pendampingan adalah dengan tatap muka mengajar ngaji kepada anak–anak yang mengaji di masjid Nurul Sholah. Hasil pengabdian ini adalah peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan ilmu tajwid.

Keywords

Al-Qur’an, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Ilmu Tajwid

Full Text:

PDF

References

Aso Sudiarjo et al. (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf, Makharijul Huruf Berbasis Androit. Jurnal Sisfotek Global, 5(2), 55.

Maskur. (2019). Seni Baca Al-Qur’an;Metode Efektif Dalam Membaca Al-Qur’an Hadits. Quality, 7(2), 101.

3. Nawawi, A. H. I. dan R. (2019). Tajwid Dan Implikasinya Terhadap Ilmu Qira’ah. QOF, 1(1), 14.

Rusfi, M. (2017). Ushul Fiqh II. Fakultas Syariah UIN Raden Intan Lampung.

Sabrina Fitriyana dan Aminatus Zakhra. (2020). Pendampingan Penguatan Membaca Al-Qur’an Dengan Ilmu Tajwid Di Dusun Bringin Omben Kabupaten Sampang (Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENIAS)).

Tsaqifa Taqiyya Ulfah, Muhammad Shaleh Assingkily, I. K. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al – Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 60.

7. Abdurohim, Acep Iim, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, Diponegoro: Penerbit Diponegoro, 2016.

Amnuri, H. Ahmad, Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur'an dan Ilmu Tajwid, Jakarta: AL Kautsar, 2017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.