Pemberdayaan masyarakat tentang daur ulang sampah plastik dan pembuatan kompos di Kecamatan Darul imarah, Aceh Besar

Nasrullah Nasrullah, Kartini Kartini, Syahrizal Syahrizal, Sofia Sofia, Junaidi Junaidi

Abstract

Kegiatan atau aktivitas pembuangan sampah merupakan suatu kegiatan yang tanpa akhir. Oleh karena itu diperlukan system pengelolaan sampah yang baik. Salah satu cara dalam mengurangi timbunan sampah organik agar tidak mencemari tanah,air maupun udara adalah dengan cara pengomposan. Metoda pengomposan merupakan salah satu cara mengolah sampah organik menjadi pupuk dan pemanfaatan sampah organik yang berupa kompos bias menjadi salah satu solusi atau upaya kita sebagai anggota masyarakat dalam menanggulangi dan mengurangi timbunan sampah, yag akhirnya berdampak pada pengurangan pencemaran pada tanah. Begitu juga dengan pengelolaan sampah dari limbah plastik yang dapat didaur ulang menjadi suatu barang berguna bahkan bernilai ekonomis. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah serta pelatihan daur ulang sampah plastik dan pembuatan kompos di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Metode Penngabdian dengan penyuluhan dan pelatihan kepada kelompok ibu-ibu dan remaja putri yang dilaksanakan dari tanggal 25 – 27 Juli 2016. Hasil kegiatan, peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan berharap kegiatan ini dapat berlangsung secara periodik. Ibu-ibu remaja putri mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pengeloaan sampah rumah tangga.

Keywords

Daur ulang; Kompos; Sampah Plastik

Full Text:

PDF

References

Ambina DG. Tinjauan Pemilahan Sampah Menurut Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Bina Hukum Lingkungan. 2019;3(2):171-185.

Susanti EY, Adhi S, Dzunuwanus G. Analisis Faktor Penghambatpenerapan Kebijakan Sanitary Landfill Di Tpa Jatibarang Semarang Sesuai Dengan Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Journal of Politic and Government Studies. 2016;5(03):371-383.

Azizah N, Astrina AR, Ulfa N. Leadership and City Waste Politics: A Case Study on the Waste Management in Depok City, West Java Province 2014–2017. PCD Journal. 9(1):65-82.

Ali M, Hasan S. Da’wah bi al-Hal in Empowering Campus-Assisted Community through Waste Bank Management. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies. 2019;13(2):201-219.

Darwati S, Anggraeni F. Peran komunitas dalam pengelolaan sampah berbasis pola pilah kumpul olah terhadap reduksi sampah kota. Jurnal Permukiman. 2012;7(1):24-32.

Wardhani MK, Harto AD. Studi komparasi pengurangan timbulan sampah berbasis masyarakat menggunakan prinsip bank sampah di Surabaya, Gresik dan Sidoarjo. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo. 2018;11(1):52-63.

Nirmala S. Zero Waste Adventure. Elex Media Komputindo; 2019.

Subekti S. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3R Berbasis Masyarakat. Prosiding SNST Fakultas Teknik. 2010;1(1).

Hariyadi H, Chaerani A, Wijaya RA. Perencanaan Tempat Pembuangan Sampah dan Pengolahan Sampah Berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Desa Sukadana. Jurnal Warta Desa (JWD). 2020;2(1):66-72.

Widieana D, Samadikun BP, Handayani DS. Perencanaan Sistem Pengelolaan Sampah Terpadu Studi Kasus Kelurahan Banyumanik Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.