Penyuluhan pengelolaan limbah sampah masker di Kelurahan Kelapa Tiga Permai Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung

Kinanti Nurul Faithya, Meilinda Safitri

Abstract

Telah dilakukan penyuluhan tentang pengelolaan limbah sampah masker beserta penerapannya. Pengabdian masyarakat ini adalah terletak di Kelurahan Kelapa Tiga Permai Kecamatan Tanjung Karang Barat Kota Bandar Lampung. Sasaran dari kegiatan ini adalah anggota masyarakat umum dari berbagai usia. Materi yang ditransfer termasuk memanfaatkan Limbah Sampah dan Masker untuk menjadi lebih bermanfaat. Penyuluhan dan penerapan dilakukan selama satu hari dengan total 15 peserta. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan praktik langsung. Media adalah Limbah Sampah dan masker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta memperoleh pengetahuan dan dapat membuat kerajinan yang bisa memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan Barang Bekas yang sudah tidak di pakai. Kesimpulan, penyuluhan pengelolaan limbah sampah masker dan penerapannya telah berhasil dilaksanakan meskipun dengan berbagai kendala yang ada.

Keywords

Limbah sampah, masker, penerapan, penyuluhan

Full Text:

PDF

References

WHO. Advice on the Use of Masks in the Context of COVID-19: Interim Guidance, 6 April 2020. World Health Organization; 2020.

Lidiawati M, Fadhil I, Aisyah S, Pida N. Dampak Limbah Masker Bekas Pakai (Medis dan Non Medis) Terhadap Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat di Kota Banda Aceh. In: Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA). Vol 5. ; 2022:56-66.

Sumiarsih S, Sarumi R. Penyuluhan Dampak Limbah Masker Bekas Pakai (Medis dan Non Medis) Terhadap Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;11(2):122-129.

Kemenkes RI. Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020.

Amalia V, Hadisantoso EP, Wahyuni IR, Supriatna AM. Penanganan limbah infeksius rumah tangga pada masa wabah COVID-19. LP2M. 2020.

Fentia L, Ningsih MF. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pengelolaan Limbah Masker Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap Kota Pekanbaru. Jurnal Kesehatan Maharatu. 2020;1(2):12-30.

Fajriansyah I, Yunita S, Atmojo CP, Fauziah M. Pandemi belum berakhir: kelola limbah medis mu dengan baik. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Vol 1. ; 2021:1-4.

Tira DS, Hilli AY. Kajian sistem pemisahan, penampungan, dan pemusnahan sampah medis dan non medis di Rumah Sakit Umum Daerah Naibonat, Kabupaten Kupang. Jurnal Pangan Gizi dan Kesehatan. 2021;10(1):29-39.

Aini F. Pengelolaan Sampah Medis Rumah Sakit atau Limbah B3 (Bahan Beracun dan Berbahaya) di Sumatera Barat. Jurnal Education And Development. 2019;7(1):13.

Syahrir S, Tirmanidhana F, Raodhah S, Bujawati E. Analisis Pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Nosokomial Di ICU RSUD Labuang Baji Makassar. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2018;4(2):67-73.

Purwanti AA. Pengelolaan limbah padat bahan berbahaya dan beracun (B3) rumah sakit di RSUD dr. Soetomo surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan. 2018;10(3):291-298.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.