Supp. File(s): Research Instrument
Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energi kronik
Community-based interventions to overcome chronic energy malnutrition among women of childbearing age and pregnant women can be done with communication, education, and information. Video can be useful for education purpose. The goal of this study was to determine whether video may have different effect to knowledge and attitude on preventing energy malnutrition among teenage girls compared to food model intervention. The Research a quasi experiment with pre-post test with control group design was conducted in Tridadi Village, Sleman in May 2018. Teenage girls in intervention group were asked to view video specifically developed for the study. Knowledge and attitude on energy malnutrition was assessed right after the intervention. Data were analyzed using paired and independent t-test. The results a total of 54 teenage girls completed the study. The pretest average score on knowledge was 7,09 in the control group, and 7,70 in the intervention group. The pretest average score of attitudes was 24,11 in the control group and 25,00 in the intervention group. While the post test average score on knowledge was 7,37 in the control group and 8,44 in the intervention group. The average post test score of attitude was 26,70 in the control group and 28,38 in the treatment group. The results showed that video intervention has different effect on knowledge (p= 0,00) and attitude (p= 0,01) on chronic energy malnutrition prevention compared to education with food model. Conclusion, there are difference knowledge and attitude between video intervention group and food model education group on chronic energy malnutrition prevention among teenage girls.
Intervensi melalui pendekatan komunitas untuk penanggulangan kekurangan energi kronis (KEK) pada wanita usia subur dan ibu hamil dapat dilakukan melalui komunikasi, informasi, dan edukasi. Intervensi video dapat menjadi alternatif pemecahan masalah tersebut khususnya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pencegahan KEK pada remaja putri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap remaja putri dalam pencegahan kurang energi kronik (KEK) antara yang diintervensi penyuluhan dengan media video dan dengan food model. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pre-post test with control group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Remaja putri pada kelompok intervensi diberikan perlakuan menonton video yang sebelumnya telah dikembangkan untuk studi ini. Pengetahuan dan sikap dinilai setelah proses menonton video Analisis data menggunakan independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pemberian media video terhadap perubahan pengetahuan (p= 0,00) namun tidak pada sikap pencegahan kurang energi kronis (p= 0,01). Kesimpulan, terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap remaja putri antara grup media video dan grup media food model dalam edukasi tentang pencegahan kurang energi kronik pada remaja putri.
Supplement Files
Keywords : Intervensi media video; pengetahuan; sikap; remaja putri; kurang energi kronik; KEK
- Suryana S, Roudza R, Alfridsyah A. Konsumsi pangan dan skor pola pangan harapan (PPH) dengan prevalensi stunting di Provinsi Aceh (Data Susenas dan PSG tahun 2016). AcTion: Aceh Nutrition Journal. 2018;3(2):149-157. doi:http://dx.doi.org/10.30867/action.v3i2.116.
- Balitbangkes. Laporan Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Jakarta; 2018.
- Waryana. Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama; 2010.
- Waryana. Promosi Kesehatan, Penyuluhan, Dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika; 2016.
- Al Rahmad AH, Almunadia A. Pemanfaatan Media Flipchart dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Konsumsi Sayur dan Buah. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 2017;17(3):140-146. doi:https://doi.org/10.24815/jks.v17i3.906.
- Azhara APM, Aritonang I, Suryani I. Pengaruh Penyuluhan Tentang Gizi Masa Hamil terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dalam Pencegahan Kekurangan Energi Kronis (KEK) di Desa Sumbersari, Moyudan, Sleman. JURNAL NUTRISIA. 2015;17(1):6-9.
- Al Rahmad AH. Malnutrisi pada Balita Pedesaan dengan Perkotaan berdasarkan Karakteristik Keluarga: Data PSG 2015. Idea Nursing Journal. 2016;7(3):43-52.
- Rohmah FN. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Animasi Terhadap Pengetahuan Personal Hygiene Pada Siswa Di MI Negeri Baki Sukoharjo. 2015.
- Edyati L. Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Dengan Media VideoTerhadap Pengetahuan dan Sikap Personal Hygienen Siswa SD Negeri 1 Kepek Pengasih Kulon Progo. 2014.
- Adha AY, Wulandari DR, Himawan AB. Perbedaan Efektivitas Pemberian Penyuluhan Dengan Video Dan Simulasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Pencegahan Tb Paru (Studi Kasus Di Ma Husnul Khatimah Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang). Jurnal Kedokteran Diponegoro. 5(4):565-579.
- Tuzzahroh F. Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang Dengan Media Video,Poster dan Permainan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Karangasem Iii Kota Surakarta. 2015.
- Conceição C, Pedro J, Martins M V. Effectiveness of a video intervention on fertility knowledge among university students: a randomised pre-test/post-test study. The European Journal of Contraception & Reproductive Health Care. 2017;22(2):107-113. doi:http://dx.doi.org/10.1080/13625187.2017.1288903.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.