Pelatihan penggunaan asap cair sebagai alternatif bahan pengawet yang aman pada produsen mie basah di Banda Aceh dan Aceh Besar

Abdul Hadi, Wiqayatun Khazanah, Andriani Andriani

Abstract

Penggunaan bahan pengawet bertujuan membuat bahan makanan tahan lama. Permasalahan yang sering terjadi adalah masih ada produsen bahan pangan setengah jadi yang kurang memahami bahaya yang ditimbulkan oleh bahan pengawet bagi kesehatan. Asap cair merupakan salah satu bahan pengawet aman dan dapat digunakan oleh produsen bahan makanan untuk mempertahankan produk pangan. Tujuan, kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarat khususnya produsen mie basah agar menghindari penggunaan bahan pengawet yang berbahaya dan menggantikannya dengan menggunakan asap cair. Metode pengabdian masyarakat ini dilakukan pada produsen mie basah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, tahun 2022. Jumlah peserta 30 orang. Pengumpulan data pengetahuan dan sikap dilakuka dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data pretes dan postes dilakukan analisis secara deskriptif. Hasil, perolehan nilai rata-rata pengetahuan dan sikap peserta yang mengikuti pre-test dan post-test terlihat bahwa ada peningkatan pengetahuan peserta sebesar 44,8% yaitu dari 41,35% menjadi 86,15%. Kemudian, terjadi peningkatan juga terhadap rata-rata sikap peserta sebesar 26,8% yaitu dari 59,8% menjadi 86,6%. Kesimpulan, pelatihan penggunaan asap cair bagi produsen mie basah di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar sebagai pengganti bahan pengawet berbahaya memberikan dampak positif bagi peningkatan pengetahuan dan sikap terhadap penggunaan bahan pengawet yang aman.

Keywords

Asap cair, mie basah, pengawet

Full Text:

PDF

References

Nurlia, Wahyuni S, Asyik N. Penilaian Umur Simpan produk Mie sagu Ubi Jalar yang ditambahakan Campuran Bubur Rumput Laut (Eucheuma cottonii) dan Kulit Buah Naga (Hylocereus polyrhizu sp) Menggunakan Analisis Sensori. Sains dan Teknologi Pangan. 2017;2(5):844-854.

Nani ENE, Mukti YW. Analisis Kandungan Formalin Formalin, Boraks, dan Protein dalam alam Mie Basah. Biomedika. 2019;12(1):67-73.

Apriyani SW, Nuryadi AM, Assah YF. Pengaruh Konsentrasi Soda Abu Tungku Kopra Asap dan Asap Cair terhadap Kualitas Mi Basah. Jurnal Penelitian Teknologi Industri. 2019;11(1):11-18.

Himawati E. Pengaruh Penambahan Asap Cair Temperung Kelapa Destilasi dan Redestilasi terdapat Sifat Kimia, Mikrobiologi, dan Sensori Ikan Pindang Layang (Decapterus spp) Selama Penyimpanan. Skripsi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2010.

Jamilatun S, Salamah S, Aslihati L, Suminar W, Studi P, Kimia T, Industri FT, Dahlan UA, Soepomo JP. Pengaruh perendaman ikan nila dengan asap cair (Liquid smoke) terhadap daya simpan. Seminar Nasional Sains dan Teknologi , Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah jakarta. 2016;012(November 2016):6-13.

Ernawati E. Pengaruh Perlakuan Asap Cair Terhadap Sifat Sensoris Dan Mikrostruktur Sosis Asap Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus). Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology. 2015;8(2):52-59.

Noor E, Luditama C, Pari G. Isolasi dan pemurnian asap cair berbahan dasar tempurung dan sabut kelapa secara pirolisis dan distilasi. Prosiding Konferensi Nasional Kelapa. 2014;8:93-102.

Nursiwi A, Darmadji P, Kanoni S. Pengaruh penambahan asap cair terhadap sifat kimia dan sensoris telur asin rasa asap. Teknologi Hasil Pertanian. 2013;6(2):82-89.

Rasyadta HP. Penggunaan Asap Cair Tempurung Kelapa Dalam Pengawetan Ikan Bandeng.; 2013.

Dien HA, Montolalu RI, Mentang F, Berhimpon S, Nurkolis F. Inhibition of Microencapsulated Liquid Smoke on the Foodborne Pathogens and Histamine-Forming Bacterias’ Growth in Tuna Loin Sashimi. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences. 2022;10(A):1200-1206.

Ayudiarti DL, Sari RN. Asap cair dan aplikasinya pada produk perikanan. Squalen. 2010;5(3):101-108.

Hendra D, Waluyo TK, Sokanandi A. Karakterisasi Dan Pemanfaatan Asap Cair Dari Tempurung Buah Bintaro (Carbera manghas Linn.) Sebagai Koagulan Getah Karet. Jurnal Penelitian Hasil Hutan. 2014;32(1):27-35.

Triawan DA, Banon C, Saputra HE, Nurwidiyani R, Adfa M, Andina KF. Pendampingan Pembuatan Asap Cair dari Sekam dan Jerami Padi pada Kelompok Tani Akur Kabupaten Rejang Lebong. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2022;6(1):67-72.

Rastono A, Firgiyanto R, Asih PR, Faustina E, Megasari D. Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Asap Cair Menggunakan Limbah Pertanian di Kecamatan Parengan, Tuban. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat). 2018;2(2):279-286.

Kartika M, Hendarmin H, Pebrianti W. Pelatihan dan pendampingan pengolahan komoditi kelapa. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat). 2018;2(1):1-6.

Anggraini SA, Yuniningsih S. Optimalisasi penggunaan asap cair dari tempurung kelapa sebagai pengawet alami pada ikan segar. Reka Buana: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia. 2017;2(1):11-18.

Hatu R. Pemberdayaan dan pendampingan sosial dalam masyarakat (suatu kajian teortis). Jurnal inovasi. 2010;7(4):240-254.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.