Pemberdayaan masyarakat melalui asuhan keperawatan gigi keluarga dengan penerapan positif parenting dalam menurunkan skor risiko karies anak di Gampong Punge Jurong

Reca Reca, Teuku Salfiyadi, Cut Aja Nuraskin, Eka Sri Rahayu, Mufizarni Mufizarni, Nurdin Nurdin

Abstract

Positive Parenting juga merupakan sebuah program traning pengasuhan yang berorientasi pada pengasuhan dan strategi dukungan keluarga. Mengingat risiko yang terjadi pada karies berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak, maka cara pencegahan yang lebih awal penting untuk dilakukan yaitu melalui pemahaman dan peran serta orang tua. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui asuhan keperawatan gigi keluarga dengan penerapan positif parenting dalam menurunkan skor risiko karies anak Di Gampong Punge Jurong Kota Banda Aceh. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode deskriptif, dengan sasaran anak dan ibunya sebagai responden. Analisis data menggunakan analisis univariat. Intervensi yang diberikan berupa penyuluhan berbasis masalah, mengukur pengetahuan, sikap dan Tindakan ibu sebagai responden dan skor risiko karies gigi anak serta demontrasi cara menyikat gigi. Hasil pengabdian masyarakat yaitu ada perubahan peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik ibu dalam pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan penerapan positif parenting dalam menurunkan skor risiko karies anak ke arah yang lebih baik dari pre test, post test I dan post test II. Direkomendasikan sebaiknya adanya kolaborasi dengan pihak terkait dengan melibatkan dokter gigi, perawat gigi, serta tenaga medis dan kesehatan lainnya dalam program ini. Kolaborasi dapat memperkuat pendekatan interdisipliner dalam memberikan edukasi dan perawatan gigi yang komprehensif.

Keywords

Positif Parenting, Perilaku Ibu, Skor Risiko Karies Anak

Full Text:

PDF

References

Maulani C dan JE. Kiat Merawat Gigi Anak.; 2005.

Gigi K, Mulut DAN, Hamil IBU. Kementerian Kesehatan Ri Tahun 2012.; 2012.

Ramanalingam L and L. M. Early Childhood Caries An Update. Singapore Dental Journal; 2004.

Adyatmaka I. Universitas Indonesia Model Simulator Risiko Karies Gigi. Published online 2008:174.

Riyanti E. Pengenalan dan Perawatan Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini. Published online 2005:jakarta.

Reca IL. Efektivitas Asuhan Keperawatan Gigi Keluarga Terhadap Perubahan Derajat Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Murid Kelas V SDN 12 Dan SDN 60 Kota Banda Aceh. Published online 2019.

Kowash MB. Pinfield A. Smith J. Curzon ME. Effectiviness on Oral Health of a Long Term Health Education Programme for Mothers with Young Chidren. Br Dent J. 2000;188(4):5-201.

Asfria I. Early Childhood Caries (ECC). Published online 2009.

Kemenkes R.I. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga, Lembar Negara. Kemenkes R.I.; 2016.

Adyatmaka I. Donut Irene Versi Manual 1.3. “Simulator Risiko Karies”. Kementerian Pendidikan Nasional. CHAMPS-FKM- Universitas Indonesia.; 2012.

Vinay S. Naveen.Naganandini.N VSN. Feeding and oral hygiene habits of chidren attending daycare to caries among male primary school chidren in Al Hassa, Saudi Arabia. Int J Dent Hyg. 2008;Nov; 6(4):70-361.

Budiharto. Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan Dan Pendidikan Kesehatan Gigi.; 2009.

Twetman S. Caries Prevention With Fluoride Toothpaste in children. an Updat Eur Arch Paediatr Dent. 2009;Sep;10(3):7-162.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.