Program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M plus dengan gerakan satu rumah satu jumantik di Kecamatan Ingin Jaya Aceh Besar

Sofia Sofia, Wiwit Aditama, Kartini Kartini, Junaidi Junaidi

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi salah satu penyakit yang endemis dimasyarakat, upaya memotivasi masyarakat untuk melaksanakan 3M Plus terus dilakukan pemerintah melalui kerjasama lintas program dan lintas sektor termasuk tokoh masyarakat dan swasta. Musim hujan, adanya tampungan air dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam memperhatikan jentik nyamuk menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya DBD. Tujuan kegiatan adalah mengimplementasikan program PSN 3M Plus serta membentuk gerakan satu rumah satu jumantik. Sasasaran adalah ibu rumah tangga dan remaja putri di Desa Dham Pulo kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar sejumlah 112 rumah. Kegiatan dilakukan mulai bulan Juni hingga September 2021. Metode pengabdian dilakukan dengan survey keberadaan jentik, penyuluhan, PSN, dan evaluasi.  Hasil survey lanjutan didapatkan indeks ABJ 88% indeks ini masih dibawah targat bebas jentik, nilai HI= 11 dan CI= 13,6 dengan tingkat kepadatan  sedang. Dari hasil evaluasi diketahui ada peningkatan tingkat kebersihan lingkungan rumah setelah dilakukan penyuluhan dan penetapan penanggung jawab jumantik disetiap rumah. Perlu dilakukan observasi secara berulang untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat tetap konsisten dalam memantau keberadaan jentik di lingkungan rumahnya sehingga angka bebas jentik tercapai.

Keywords

Jumantik, PSN, DBD

Full Text:

PDF

References

Sofia, Suhartono NE. Hubungan Kondisi Lingkungan Rumah dan Perilaku Keluarga dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue Di Kabupaten Aceh Besar. J Kesehat Lingkung Indones. 2014;13(1).

Depkes RI. Pencegahan Dan Pemberantasan DBD Di Indonesia. Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan; 2015.

Berita harian liputan 6. kasus dbd di indonesia sepanjang 2020.https://www.liputan6.com/health/read/4425271/kemenkes-ada-95893-kasus-dbd-di-indonesia-sepanjang-2020. Published 2021.

Zulfikar, Aditama W, Budi Arianto, Khairunissa, Arnida Sari. Deteksi Boraks Dari Bahan Alami Ekstrak Kunyit Dan Penyuluhan Pada Ibu-Ibu Di Desa Sumber Jaya Kecamatan Timang Gajah Bener Meriah. JEUMPA J Pengabdi Kpd Masy. 2022;1(1). doi:10.30867/jeumpa.v1i1.74

Asosiasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Lingkungan Indonesia. Kesehatan Lingkungan Teori Dan Aplikasi. Penerbit buku kedokteran EGC; 2019.

Made Hegard Sukmawati N, Eka Pratiwi A, Gede Pradnyawati L. Pelatihan Kader Jumantik dalam Pemanfaatan Aplikasi Epicollect untuk Pemantauan Jentik Berkala. Warmadewa Minesterium Med J |. 2022;1(2):33-38.

Bahtiar Y. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tokoh Masyarakat Dengan Perannya Dalam Pengendalian Demam Berdarah di Wilayah Puskesmas Kawalu Kota Tasikmalaya. E-Journal Litbang Depkes. 2012;4(2):12-20.

Adnan AB, Siswani S. Peran Kader Jumantik Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue (Dbd) Di Wilayah Kerja Kelurahan Tebet Timur Tahun 2019. J Untuk Masy Sehat. 2019;3(2):1-7.

Panungkelan MS, Pinontoan OR, Joseph WBS, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S. Hubungan Antara Peran Kader Jumantik Dengan Perilaku Keluarga Dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk Dbd Di Kelurahan Tingkulu Kecamatan Wanea Kota Manado. Kesmas. 2020;9(4):1-6.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.