Peningkatan status kebersihan gigi melalui teknik menyikat gigi yang benar pada murid kelas I MIN Teladan Kota Banda Aceh

Sisca Mardelita, Cut Ratna Keumala, Andriani Andriani, Intan Liana, Arnela Nur

Abstract

Karies merupakan penyakit pada jaringan keras gigi yang berupa proses demineralisasi pada jaringan keras gigi (email, dentin, sementum) yang disebabkan oleh aktivitas bakteri pada rongga mulut. Karies merupakan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling umum terjadi di masyarakat. Salah satu penyebab terjadinya karies adalah bakteri. Bakteri akan menguraikan substrat karbohidrat yang melekat di rongga mulut dan membentuk plak. Salah satu penyebab karies adalah kebersihan gigi yang kurang baik. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode ceramah dan wawancara. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah murid kelas I MIN Teladan Kota Banda Aceh yang berjumlah 30 anak.. Sebelum dilakukan penyuluhan, terlebih dahulu dilakukan pre-test, kemudian melakukan wawancara kepada anak untuk mengukur tingkat pengetahuannya. Realisasi kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anak untuk menyikat gigi dengan baik dan benar. Hasil Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan pengetahuan sebelum penyuluhan berada pada katagori baik yaitu sebanyak 16.7% meningkat menjadi 90% setelah diberikan penyuluhan. Berdasarkan hasil kegiatan ini dapat disimpulkan terdapat peningkatan pengetahuan anak setelah diberikan penyuluhan dalam bentuk ceramah dan demonstrasi cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Keywords

Kebersihan gigi, Anak Sekolah, Penyuluhan

Full Text:

PDF

References

Praddono, J. et al. (2004) ‘Survei kesehatan nasional 2004 skrt sudut pandang masyarakat mengenai status, cakupan, ketanggapan, dan sistem pelayanan kesehatan’, 3

Bahar, A. (2013) Paradigma Baru Pencegahan Karies Gigi Dalam Menunjang Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. Jakarta: UI-Press.

Kemenkes., R. (2012) Pedoman Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS). Jakarta.

, Mardelita, S., Sukendro, S. J. and Karmawati, I. A. (2018) ‘Pelayanan Asuhan Kesehatan Gigi dan Mulut Individu’, in. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Houwink, B. (2012) Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan. Jakarta: EGC

Herijulianti, dkk (2001) Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Karmawati, I. A., Tauchid, S. N. and Harahap, N. N. (2012) ‘Perbedaan Risiko Terjadinya Karies Baru Pada Anak Usia 12 Tahun Murid SD UKGS Dan SD Non UKGS Di Wilayah Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan Tahun 2011’, Jurnal Health Quality, 2, pp. 223–233.

Riyanti, E. (2005) ‘Pengenalan dan Perawatan Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini’, p. jakarta.

Effendi, Hafni. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan Perairan. Yogyakarta : Kanisius, 2003.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.