Pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat di Gampong Lamjamee Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh

Fajriansyah Fajriansyah, Zubir Zubir, Syahrizal Syahrizal, Darmiati Darmiati, Hamdani Hamdani

Abstract

Masyarakat sebagai penerima dampak langsung dari bencana, dan sekaligus sebagai pelaku pertama dan langsung yang akan merespon bencana, melandasi program nasional Desa Tangguh Bencana (Destana) dalam rangka mewujudkan Indonesia Tangguh. Gampong Lamjamee merupakan wilayah rawan bencana gempa bumi, Tsunami, angin kencang. Adanya permasalahan bidang SDM, sarana prasarana, regulasi, kelembagaan, dan topografi menyebabkan Gampong Lamjamee rawan bencana. Aspek Pengurangan Resiko Bencana (PRB) harus meliputi peningkatan kapasitas SDM, perencanaan partisipatif dan tata kelola kelembagaan penanggulangan bencana, dengan metode jejaringan. Program kegiatan meliputi penyusunan dan pembentukan struktur gampong dalam pengurangan resiko bencana yang berisi pengenalan lokasi rawan bencana, mitigasi, Penanganan Pertama, peta rawan bencana dan jalur evakuasi bencana, pengurangan resiko, penguatan kapasitas kelembagaan, arah evakuasi saat bencana pembentukan struktur gampong siaga bencana, peta rawan bencana, jalur evakuasi sinergi semua aspek tersebut akan berimplikasi pada peningkatan kapasitas SDM dalam pengurangan resiko bencana di Gampong di masa yang akan datang.

Keywords

Berbasis Masyarakat; Pengurangan; Risiko Bencana

Full Text:

PDF

References

Efendi, Ferry dan Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teoridan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Wijayanto, Giri. 2009. Fakta-Fakta Menjelang Kiamat 2012: Akhir dari Sebuah Siklus Besar Kehidupan. Yogyakarta: Narasi.

Amhar, Fahmi dan Darmawan, Mulyanto. 2007. A Study on Multihazard Maps, Panduan Pengenalan Karakteristik Bencana dan Upaya Mitigasinya di Indonesia. Jakarta: Badan Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana dan Penanganan Pengungsi.

Curtis, Dan B., Floyd James J., Windsor, Jerryl L. 1996, Komunikasi Bisnis

Duncan, Tom. 2005, Principles of Advertising & IMC. Second Edition. Mc.Graw-Hill. Bab 22.Profesional”. Remaja Rosda Karya-Bandung.

Notoatdmojo S. 2011, Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, Jakarta, Rieneka Cipta.

Plato.2011, Menggapai Dunia Idea", dalam Sutrisno F.X Mudji dan F. Budi Hardiman, Para Fils.

Undang-undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.