Sosialisasi penggunaan arang aktif dari kulit singkong dalam menurunkan nilai BOD & COD dari limbah pasar Lambaro Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar

Kartini Kartini, Nasrullah Nasrullah, Sofia Sofia, Syahrizal Syahrizal, Junaidi Junaidi

Abstract

Pencemaran lingkungan berhubungan erat dengan limbah. Limbah organik yang masuk kedalam air dapat menurunkan kandungan oksigen terlarut dan meningkatkan Biochemical Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD), Total Suspended Solid (TSS) dan Total Dissolved Solid (TDS) yang merupakan parameter utama pencemaran air. Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya limbah pasar dan cara pengendaliannya menggunakan arang aktif dari kulit singkong. Metode kegiatan dilakukan sosialiasi dan pelatihan pembuatan arang aktif. PKM telah dilakukan di Pasar Lambaro tahun 2017, dengan sasaran sebanyak 30 IRT. Model pelaksanaan yaitu memberikan penyuluhan dan edukasi pembuatan arang aktif. Monitoring dan evaluasi dilakukan secara pretes dan postes. Hasil telah menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman masyarakat menjadi lebih baik yaitu dari 23,3% meningkat sebesar 63,3%. Masyarakat telah berperan aktif menabur arang dari kulit singkong kedalam Saluruan Pembuangan Limbah (SPAL). Kesimpulan, sosialiasi yang diberikan mampu meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penanganan limbah pasar, dan masyarakat telah berperan aktif melalui upaya penaburan arang dalam mengurangi kadar BOD dan COD.

Keywords

Arang Aktif; Kulit Singkong; Limbah Pasar

Full Text:

PDF

References

Negoro AHS. Inovasi Bumdes Dalam Pengelolaan Potensi Kewirausahaan Masyarakat Pesisir. In: Seminar Nasional Kelautan Dan Perikanan IV. Surabaya: Universitas Jember; 2018:154-162. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89835.

Paramita P, Shovitri M, Kuswytasari ND. Biodegradasi limbah organik pasar dengan menggunakan mikroorganisme alami tangki septik. Jurnal Sains dan Seni ITS. 2012;1(1):E23-E26.

Pangestu R, Riani E, Effendi H. Estimasi beban pencemaran point source dan limbah domestik di sungai kalibaru timur Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan. 2017;7(3):219-226.

Arifin T, Kepel TL. Analisis Ekologi-Ekonomi Pengembangan Minapolitan Perikanan Budidaya Di Provinsi Gorontalo. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. 2014;9(2):141-154.

Sastro Y, Astuti EP, Ikrarwati I, Sutardi S. Efektivitas Pupuk Organik Cair Hasil Fermentasi Limbah Ikan Pada Caisim dan Selada Skala Lapangan. In: Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian. ; 2015.

Wahyudi J. Mengenali bahan tambahan pangan berbahaya: Ulasan. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK. 2017;13(1):3-12.

Indriyanti DR, Banowati E, Margunani M. Pengolahan Limbah Organik Sampah Pasar Menjadi Kompos. Jurnal Abdimas. 2015;19(1):25526.

Irmanto I, Suyata S. Optimasi Penurunan Nilai BOD, COD dan TSS Limbah Cair Industri Tapioka Menggunakan Arang Aktif dari Ampas Kopi. Molekul. 2010;5(1):22-32.

Fatimah S, Mumtaz NA, Hidayati N. Penurunan Kadar COD Dan TSS dengan Menggunakan Teknik Pipe Filter Layer pada Limbah Industri Keripik Singkong. Politeknosains. 2016;15(2):36-43.

Purwaningsih DY, Budianto A, Ningrum AA. Produksi Karbon Aktif Dari Kulit Singkong Dengan Aktivasi Kimia Fisika Menggunakan Gelombang Mikro. In: Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan. Vol 1. ; 2019:663-670.

Hidayati YA, Marlina ET, Juanda W, Badruzaman DZ, Harlia E. Penyuluhan Dan Pelatihan Tentang Menyikapi Wabah COVID19 Melalui Hidup Bersih dan Sehat Dengan Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga di Kelompok PKK RT01 RW13 Padasuka Indah, Kelurahan Padasuka, Kota Cimahi. Media Kontak Tani Ternak. 2020;2(3):48-55.

Maulinda L, Nasrul ZA, Sari DN. Pemanfaatan kulit singkong sebagai bahan baku karbon aktif. Jurnal Teknologi Kimia Unimal. 2017;4(2):11-19.

Ariyani A, Putri AR, Eka RP, Fathoni R. Pemanfaatan kulit singkong sebagai bahan baku arang aktif dengan variasi konsentrasi NaOH dan suhu. Konversi. 2017;6(1):7-11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.